Thursday, February 6, 2014

Membersihkan CD/ DVD Lama

Karena sebulan terakhir ini saya suka membeli buku obral/ cuci gudang dari beberapa toko buku terkemuka. Saya menemukan hambatan bahwa CD/ DVD yang disertakan dalam buku banyak yang tidak lagi terbaca.

Umumnya buku- buku obral tersebut berumur 3-5 tahun, karena sudah cukup lama maka permukan optik CD sering kali terdapat bercak- bercak menepel pada kemasan plastik yang umumnya sudah mengkerut. Sehingga bercaknya menjadi pola bergelombang putih kusam dan sangat menggangu kemampuan CD drive untuk membacanya.

Setelah berapa kali percobaan mulai dari mengunakan cairan alkohol, shampo, spritus, dll. Akhirnya saya menemukan metoda yang paling effektif untuk membersihakan CD yang sudah lama dan ada bercak menepel kemasan plastik yang umumnya disertakan buku obral/ lama, yaitu :

Bahan : Asam cuka dapur (as. asetat) 25%, shampo (merek apa saja), tissue, air bersih
Ingat : usapan/ gosokan usahakan mengarah secara jari- jari CD jangan memutar, karena goresan sejajar jari- jari CD lebih mudah dibaca dibanding jika melingkar.

1. Pegang CD terbalik, teteskan asam cuka secukupnya pada keliling permukan CD
2. Ratakan asam cuka dengan tissue (usap pelan agar tidak mengores), usap 2-3 keliling dan anda dapat menambahkan asam cuka
3. Bersihkan dengan sempotan/ rendaman air bersih, biarkan air hilang lihat apakah bercak sudah hilang secara signifikan atau tidak. Jika bercak dirasa masih cukup banyak ulangi tetesan dan usapan dengan asam cuka (langkah 1 dan 2) umumnya bisa 2-5 kali tergantung pada tingkat banyaknya bercak menempel.
4. Bila bercak sudah cukup menghilang (tak perlu sampai bersih total) bersihkan dengan air bersih, kemudian tambahkan 2-3 tetes shampo kepermukaan CD dan usap perlahan secara merata.
5. Bersihkan CD dari sisa shampo dengan air, keringkan dengan guncangan agar air turun lalu keringkan dengan tissue. Agar benar- benar kering angin- anginkan CD di depan kipas angin.
6. Silahkan coba CD bila benar kering.

Cara ini ternyata pada kasus CD buku obral yang saya beli sekitar 15 buah yang berbercak, 100% berhasil :)  Namun untuk CD koleksi lama saya (sudah lama terbuka dan tersimpan) banyak tidak berhasil. Mungkin karena sudah umur dan sebenarnya kemungkinan lapisan penyimpan data sudah rusak.

Analisa saya dengan mengunakan asam cuka effektif adalah, plastik kemasan CD umumnya adalah PE yang monomer sisanya menempel pada permukan CD yang terbuat dari Polycarbonate. Karena ketahanan (resistance) PE terhadap larutan asam rendah dan Polycarbonat cukup tahan terhadap asam, maka asam cuka yang asam agak lemah (tetapi lebih tinggi dari alkohol) masih dapat menghilangkan/ melarutkan monomer PE yang menempel tetapi tidak merusak Polycarbonat CD. Kemudian agar netral asamnya digunakan shampo yang umumnya bersifat sedikit basa dan sekalian membersihkan kotoran lain yang masih menempel.

Semoga tips ini dapat membantu anda, apalagi anda suka membeli buku obral (yang harganya murah meriah) bila CD nya tak terbaca cukup mengesalkan bukan :)
Jika anda membutuhkan ebook tersusun dalam CD/ DVD silahkan kunjungi AnekaCD. Terimakasih.

No comments:

http://www.anekacd.com